Peserta Tari Mosau Kotamobagu Raih Juara 2 di Festival Pesona Bunaken 2017

0
335
Peserta Tari Mosau Kotamobagu Raih Juara 2 di Festival Pesona Bunaken 2017
Penyerahan piala kepada Kepal Disbudpar Kotamobagu yang berhasil meraih juara 2 pada pagelaran seni dan budaya di Festival Pesona Bunaken 2017
Advertisement

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Peserta Tari Mosau utusan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu meraih juara 2 pada pagelaran seni dan budaya di Festival Pesona Bunaken 2017.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu (12/8/2017), di pulau Bunaken ini diikuti oleh sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) termasuk peserta dari Bolmong Raya (BMR). Untuk posisi pertama diraih oleh peserta dari Kabupaten Minahasa Utara (Mitra), sementara untuk juara ketiga diraih oleh peserta dari Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang menampilkan Tari Tuitan Kreasi Baru.

Sementara itu, Tari Mosau yang ditampilkan oleh peserta dari Kota Kotamobagu adalah sebuah tarian yang dilakukan untuk menjemput para bogani yang baru pulang dari perang, setelah mereka memenangkan peperangan.

Menurut PLH Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu Meifi Muhamad, keikutsertaan Pemkot Kotamobagu pada event ini adalah bentuk dan komitmen Pemkot Kotamobagu untuk mendukung program pengembangan sektor pariwisata di Sulut.

“Selain itu, event ini menjadi ajang promosi kesenian daerah dan merupakan upaya kita untuk melestarikan seni dan budaya daerah dari kepunahan,” ujar Meifi.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pariwisata Hasna Pasambuna, yang baru dilantik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Kotamobagu sebagai daerah adat, memiliki berbagai kesenian dan tari daerah yang menjadi aset untuk promosi pariwisata daerah, termasuk beberapa destinasi pariwisata yang saat ini sedang dalam kajian untuk dikembangkan.

“Bila kedua aset ini dikelola dengan baik, maka ke depan Kota Kotamobagu akan menjadi salah satu daerah tujuan wisata terkemuka di Sulut,” pungkas Hasna.(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here