Sejarah Baru, Bendera Merah Putih Berkibar di Laut Boltim

0
Proses Pengibaran Bendera di bawah Laut Boltim
Sejarah Baru, Bendera Merah Putih Berkibar di Laut Boltim
Advertisement

BOLMORA, BOLTIM – Pengibaran bendera Merah Putih di kedalaman 5 meter laut Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sukses digelar.

Pantauan awak media BOLMORA.COM, upacara  bendera yang digelar di pantai Tanjung Kotabunan, Rabu (17/8/2016), sekitar pukul 12.50 WITA tersebut, mampu menarik perhatian ribuan warga Kabupaten Boltim. Pasalnya, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut, tepatnya di Desa Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Boltim, selama kepemimpinan bupati sebelumnya maupun bupati saat ini, Sehan Landjar.

Dalam sambutannya, Bupati Sehan Landjar mengatakan, di hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016 ini, adalah hari bersejarah yang setiap tahunnya kita memperingati bersama seluruh bangsa Indonesia.

“Saya bersama jajaran pemerintah daerah, dan atas nama masyarakat menyampaikan Dirgahayu ke-71 Negara Republik Indonesia. Semoga kemerdekaan ini benar-benar dimaknai secara hakiki, serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita,” kata Sehan.

“Hari ini, secara seremoni kita berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut. Tentunya, ini adalah bagian dari euforia, dan rasa suka cita kita kepada bangsa, sekaligus rasa syukur kepada Tuhan dan leluhur kita yang telah gugur di medan tempur untuk merebut kemerdekaan,” sambungnya.

Sementara itu, dalam sesi pelaksanaan pengibaran bendera di dasar laut oleh 41 personel yang dipimpin Awaludin Umbola, tampak sedikit mengalami kesulitan. Panitia yang hendak membawa para personel pengibar bendera dari bibir pantai ke lokasi yang jaraknya sekitar 50 meter dari pantai tersebut sempat dihantam ombak dan angin kencang.

Pun demikian, saat para personel melakukan penyelaman untuk mengibarkan bendera dari dasar laut. Dibutuhkan sekitar 20 menit agar bendera sampai ke puncak tertinggi. Namun dengan kegigihan ke-41 pemuda yang berasal dari Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cabang Boltim, Komunitas Pencinta Alam (KPA) dan Pemda Boltim itu, akhirnya bendera Merah Putih dengan tiang setinggi 12 meter dan berkedalaman 5 meter dari dasar laut itu bisa dikibarkan di laut Kabupaten Boltim.

Momen pengibaran bendera di bawah laut Boltim ini pun berhasil mencetak sejarah baru di daerah paling Timur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Sebagaimana diketahui, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Pemkab boltim, Pengurus Cabang POSSI Boltim, dan KPA.

Trut hadir pada kesempatan itu, Bupati Sehan Landjar, Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan para pejabat di lingkungan Pemkab Boltim, serta forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompida) dan ribuan masyarakat.(mg5/gun’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here