BPKD Bolmut, KPPN dan KPP Pratama Kotamobagu Tandatangani BAR Hasil Rekonsiliasi Pajak Semester I 2020

0
225
BPKD Bolmut, KPPN dan KPP Pratama Kotamobagu Tandatangani BAR Hasil Rekonsiliasi Pajak Semester I 2020
Prosesi penandatangan BAR hasil rekonsiliasi pajak semester I tahun 2020

BOLMORA.COM, BOLMUT – Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi dan Kertas Kerja Rekonsiliasi Pajak yang dipungut dan disetor oleh BUD ke kas negara telah dilaksanakan. Rekonsiliasi sebenarnya telah selesai sejak awal bulan Juli namun penandatangan BAR baru dapat dilaksanakan saat ini karena ada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan. prosesi penandatangan tersebut berlangsung dikantor KPP Pratama Kotamobagu.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena, SE.M.Ec.Dev., kepada media Bolmora.com, rabu (29/07/2020).

“Rekonsiliasi Pajak-Pajak yang dipotong dan di setor oleh BUD ini merupakan amanah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 139/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil (DBH) , Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Otonomi Khusus,” imbuh Lasena.

PMK dimaksud mengharuskan Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan rekonsiliasi atas Pajak yang di pungut/dipotong dan yang telah disetor ke kas Negara, jika tidak melakukan maka Dana Bagi Hasil Pajak tidak akan di salurkan ke Kas Daerah.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kotamobagu atas penandatanganan ini, karena dengan di tanda tangani BAR ini berarti untuk kewajiban Pemda terhadap pengelolaan Pajak Negara khususnya semester I dapat di katakan clear,” ucap Lasena.

Ia pun menambahkan, saya berharap rekon ini dapat dilaksanakan setiap bulan secara terus menerus untuk memastikan dan meningkatkan akuntabilitas penerimaan negara.

Berita acara rekonsiliasinya sebagaimana diatur dalam PMK 139/PMK.07/2019 merupakan syarat penyaluran DBH PPh dan PBB P3 untuk triwulan 1 dan 3 tahun anggaran berjalan dengan tahapan sebagai berikut:

1. Syarat penyaluran triwulan 1 dilakukan terkonsolidasi terhadap pajak-pajak yang dipungut/disetor pada periode Juli sampai Desember tahun anggaran sebelumnya.

2. Dan syarat penyaluran triwulan 3 dilakukan rekonsiliasi terhadap pajak-pajak yang dipungut/disetor pada periode Januari sampai Juni tahun anggaran berjalan.

“Penandatangan ini dilakukan oleh tiga unsur pimpinan teknis, masing-masing oleh saya sendiri yang bertindak sebagai Kepala BPKD Bolmut, Kepala KPP Pratama Kotamobagu Bapak Denny Tri Satrianto dan KPPN Kotamobagu Ibu Jeanny Imban,” tandas Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini.

Berikut akumulatif penyetoran pajak oleh BUD periode Bulan Januari sampai Juni 2020 :

Penyetoran pajak yang dipungut oleh Bendahara Umum Daerah (BUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) periode bulan Januari sampai dengan Juni 2020 mencapai sebesar Rp. 5.982.420.771,-

Masing-masing terdiri atas Rp. 5.897.679.917,- disetor oleh BUD sedangkan Rp. 84.740.854,- disetor oleh para bendahara pengeluaran di masing masing OPD.

(Awall) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here