Boltim

Ratusan Warga Panen Ikan di Danau Buyat Tengah Malam

BOLMORA.COM , BOLTIM – Ratusan warga Buyat bersatu dan sekitarnya mendadak di gemparkan oleh banyaknya ikan jenis Nila yang muncul ke permukaan Danau Buyat yang terletak di Desa Buyat Selatan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (1/6/2023) malam tadi.

Pantauan Bolmora.com di lokasi, ratusan warga ini memadati sekeliling Danau Buyat untuk meminta ikan dari ratusan warga yang turun ke danau dengan menggunakan sampan dan bahkan beberapa lagi yang turun langsung ke dalam air.

Menurut Sangadi Buyat Selatan Salman Mokoagow, fenomena ikan mati ini di Danau Buyat ini sudah 3 kali terjadi. Dari cerita yg beredar di kalangan masyarakat, peristiwa ini akibat kadungan Belerang yang muncul di danau ini.

“Fenomena ini sudah beberapa kali terjadi, info dari warga karena air danau yang berwarna ke merah-merahan akibat kandungan belerang yang tiba-tiba muncul,” Ungkap Salman.

Tetapi lanjut Salman, ada juga sebagian masyarakat yg percaya bahwa hal ini terjadi berkaitan dengan ritual atau kearifan lokal yg sudah jarang di laksanakan prakteknya.

“Kami dari pemerintah Buyat Selatan bersama sesepuh desa Buyat Bersatu terus melakukan pemantauan beberapa hari kedepan. Jika kematian ikan di talaga Buyat ini terus tejadi, maka kita akan minta sesepuh kampung untuk melaksanakan kebiasaan atau kearifan lokal sebagaimana biasanya,” Ujar Salman.

Namun demikian, terang Salman, kematian  ratusan ribu ikan tersebut kuat dugaan karena kandungan Belerang

“Faktor teknis lain penyebab kematian ikan ini masih terus terjadi, karena sirkulasi air di Danau Buyat ini sudah tidak normal akibat ada pendangkalan di  saluran air keluar yang terhubung langsung dengan Danau. Walaupun penyebab kematian ikan ini akibat Belerang, tapi ini baru sebatas gugaan saja. Oleh karena sampai dengan saaat ini belum ada pembuktian secara ilmiah dari para pihak manapun,” Terang Salman.

Sementara itu Kahar Mokoagow yang berprofesi sebagai nelayan di danau ini mengatakan, kejadian ini sudah berlangsung dua hari.

“Awal kejadiannya pada hari Rabu dan berlanjut hingga hari ini dan kemungkinan akan terus berlangsung karena kondisi cuaca yang panas. Hari ini saja saya sudah mendapatkan sekitar 60 kilogram ikan, rencananya besok pagi akan turun lagi. Hasil ikan yang didapatkan ada yang di jual dan banyak juga yang dibagikan kepada warga yang datang ke danau,” Jelas Kahar.

Hingga berita ini dipublikasikan, ratusan warga masih memadati sekitar Danau Buyat.

(RG)












Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button