Waspada Cuaca Ekstrem di Arab Saudi, Jamaah Haji Diimbau Tak Memaksakan Diri

0
Waspada Cuaca Ekstrem di Arab Saudi, Jamaah Haji Diimbau Tak Memaksakan Diri
Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin
Advertisement

BOLMORA.COM, JAKARTA – Jamaah haji Indonesia diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan tidak memaksakan diri beribadah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Pasalnya, cuaca di sana tengah dalam keadaan yang sangat panas. Atas dasar itu, jamaah disarankan beribadah di hotel. Cara tersebut demi keselamatan jamaah itu sendiri.

“Di setiap hotel jamaah telah disediakan fasilitas ibadah atau musala. Kami mengimbau kepada seluruh jamaah untuk dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jamaah tidak harus memaksakan diri untuk selalu salat di Masjidil Haram,” kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

“Hal ini penting agar jamaah dapat menjaga waktu istirahat dengan cukup, mengingat pelaksanaan wukuf masih lama,” sambungnya.

Fauzin mengajak PPIH Kloter dan Sektor untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan. Menurutnya, sampai hari ini tercatat ada 164 persoalan yang ditangani PPIH Sektor Khusus Masjidil Haram. Mayoritas disebabkan jamaah kelelahan yang berlebih, sehingga terpisah dari rombongan, sakit, dan perlu bantuan untuk menyelesaikan ibadahnya.

“Pemerintah benar-benar menekankan pentingnya menjaga kesehatan agar seluruh jamaah haji dapat melaksanakan wukuf dalam keadaan sehat, hikmad, dan tertib,” imbuhnya.

“Tercatat ada 108 jamaah haji reguler yang sakit, terdiri atas 98 orang rawat jalan, 7 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 2 orang dirawat di RSAS. Jamaah wafat sebanyak 7 orang,” ujar Fauzin.

(Fajriansyah)

Sumber:Jawapos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here