BPBD Bolmut Sasar Keahlian Mandiri Hadapi Bencana Melalui Destana 2022

0
BPBD Bolmut Sasar Keahlian Mandiri Hadapi Bencana Melalui Destana 2022
Sosialisasi Destana oleh BPBD Kabupaten Bolmut
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) tahun 2022.

Sosialisasi Destana yang dilaksanakan Selasa (21/6/2022), bertempat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolmut ini bertujuan agar masyarakat desa memiliki kemampuan mandiri untuk mengenal ancaman bencana, dan mampu menghadapi, beradaptasi serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana, sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko.

Dalam sambutan, Kepala BPBD Kabupaten Bolmut Viktor Nanlessy mengatakan, kondisi bencana dapat dihadapi dan diatasi lewat koordinasi aktif dari wilayah terdampak, yaitu pemerintah desa atau kecamatan dengan pemerintah kabupaten/kota.

“Bukan hanya itu saja, peran aktif dan kemampuan mandiri masyarakat sangat diperlukan dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Viktor mengimbau agar masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, kaki gunung dan hilir sungai agar selalu waspada terhadap cuaca extrem, dan menghindari aktvitas pada kondisi tersebut.

“Saya mengimbau kepada warga yang bertempat tinggal di pesisir pantai, apalagi nelayan agar tidak melaut saat kondisi cuaca ekstrem. Kemudian warga yang bertempat tinggal di daerah pegunungan ataupun sungai agar segera mengungsi ketika curah hujan tinggi, terutama di titik rawan longsor dan banji,” pungkasnya.

Diketahui, pada Maret tahun 2021, banjir dan tanah longsor menerjang di hampir 16 desa yamg ada Kecamatan Sangkub, yang mengakibatkan banyak kerugian dan kelumpuhan total aktivitas masyarakat.

Sosialisasi ini turut dihadiri Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Politik dan Hukum Santoro, mewakili Bupati Bolmut, Dani Repi dan Daniel F. Ramandel mewakili BPBD Provinsi Sulawesi Utara, Kepala BPBD Bolmut Viktor Nanlessy, bersama sekertaris Abdul Hais Hasan, Iwan Panigoro selaku Camat Sangkub,16 Sangadi di tiap desa, serta tokoh masyarakat dan pemuda.

(Fajriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here