Bupati Bolsel Lantik 28 Sangadi Terpilih Hasil Pilsang Serentak 2021

0
13
Bupati Bolsel Lantik 28 Sangadi Terpilih Hasil Pilsang Serentak 2021
Bupati Iskandar Kamaru saat melantik 28 sangadi terpilih
Advertisement

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Bupati Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, secara resmi melantik 28 orang sangadi (Kepala Desa) masa jabatan 2021-2027, hasil pemilihan sangadi (Pilsang) serentak tahun 2021.

Pelantikan digelar di ruang paripurna DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kawasan Perkantoran Panango, Kamis (10/6/2021).

Tampak bupati dan wakil bupati memimpin para sangadi berjalan kaki dari kantor Bapelitbangda menuju ruang pelantikan

Kegiatan diawali dengan penyerahan Surat Tugas kepada 28 Sangadi di Bapelitbangda. Sealnjutya, bupati, wakil bupati dan para pejabat, serta para sangadi yang dilantik berjalan kaki menuju gedung DPRD.

Bupati dalam arahannya menyampaikan, kepada para sangadi yang baru dilantik agar memaknai jabatan tersebut sebagai anugerah dari Allah SWT. 

“Sekaligus sebagai amanah yang harus dijalankan dengan sepenuh hati, karena nanti akan dimintai pertanggung jawabannya dikemudian hari,” ungkapnya.

Iskandar meminta agar tali persaudaraan kembali dirajut dalam semangat kebhinekaan kepada masyarakat yang masih terkotak-kotak karena berbeda pilihan pada Pilsang.

“Tinggalkan ego saat masih Pilsang kemarin. Saatnya sangadi harus rajut kembali persaudaraan. Kalau perlu kunjungi lawan yang kalah untuk diajak membangun desa bersama-sama,” ujarnya.

Tampak 28 Sangadi yang dilantik

Ia pun meminta Sangadi segeralah bekerja dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, sesuai tugas dan fungsi Bangun komunikasi yang harmonis dengan BPD.

“Sekaligus bersinergi dan terus bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan,” pinta bupati.

Bupati juga mengatakan,  para Sangadi yang baru dilantik untuk senantiasa berada dalam bingkai aturan perundang-undangan yang berlaku agar nantinya tidak ada Sangadi yang terjerat masalah hukum atau melanggar norma-norma sosial dalam masyarakat. 

“Sering-seringlah bertukar pikiran dengan sangadi desa lain yang sudah maju agar nanti dapat menciptakan BUMDes yg mampu meningkatkan PAD Desa,” imbuhnya.

Foto bersama usai pelantikan

Dikatakan, Sangadi agar segera menuangkan visi dan misinya selama enam tahun ke depan dalam dokumen RPJMDes yang tentunya searah dengan perencanaan pembangunan kabupaten. 

“Sangadi merupakan bagian dari sistem pemerintahan dalam NKRI. Karenanya, wajib tunduk dan patuh terhadap jenjang birokrasi dan pemerintahan. Dimana dalam hal ini Sangadi dalam menjalankan tugas bertanggung jawab kepada Bupati melalui Camat,” pungkasnya.

Ia menambahkan, para sangadi untuk menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di masing-masing desa untuk mempercepat memutus mata rantai penyebarannya. 

“Sesuai dengan aturan kemendes dimana 8 persen dana desa digunakan untuk penanganan covid 19, gunakan dana tersebut untuk memutuskan mata rantai penyebarannya,” tutupnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Ir Ariffin Olii bersama para Anggota DPRD, Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Bolsel, Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, para Asisten Sekda dan Kepala PD, Staf Ahli dan Staf Khusus serta para Camat se-Kabupaten Bolsel.

(Advertorial/Nanda) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here