14 Jamaah Haji Asal Bolsel Kembali Gagal Berangkat Ke Tanah Suci

0
1
14 Jamaah Haji Asal Bolsel Kembali Gagal Berangkat Ke Tanah Suci
Kepala seksi haji dan umrah Moh Zulkifli Latoale
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL — Sesuai keputusan Kementrian agama RI nomor: 660 tahun 2021, tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M, maka keberangkatan haji tahun ini ditunda. Hal ini disampaikan oleh kepala Kantor Kemenag Bolsel H Irmanto Usuli melalui Kepala Seksi haji dan umrah Moh Zulkifli Latoale, Selasa (08/06/2021).

Menurutnya, ini sudah disampaikan kepada jamaah haji di Bolsel yang sudah siap berangkat ada sebanyak 14 jemaah.

“Jamaah ini ada yang dari tahun 2020 juga 2021,” ujarnya.

Dikatakan, jika tahun ini para Calon Jamaah Haji (CJH) belum bisa berangkat, dikarenakan pemerintah sudah memberikan keputusan melalui kajian yang panjang, untuk belum memberangkatkan CJH.

“Saya sebagai kepala seksi PHU kemenag Bolsel sekaligus sebagai ketua kloter Sulut, yang diharapkan bisa menjembatani kepada jamaah untuk bisa menerima dan berlapang dada terkait penundaan ini,” tuturnya.

Zulkifli juga mengatakan, bagi para CJH dapat mengambil biaya perjalanan ibadah haji maupun disimpan dan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Terkait dengan dana nilai manfaat itu, dananya ada dan bagi yang ingin mengambil bisa melalui bank yang dititipkan. Kan ini sudah tertunda sejak 2020, nantinya tetap ada kompensasinya yang akan diberikan sebelum keberangkatan. Untuk kompesasinya sendiri, itu belum diketahui apa yang akan diberikan, pada intinya kompensasi tersebut tetap ada,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk kesiapan jemaah haji bolsel sudah sangat siap, bahkan sudah menjalani vaksinasi flu, meningitis, covid 19 tahap 1 dan 2.

“Tetapi, ditunda karena keselamatan jiwa jamaah lebih utama. Barangkali sesuatu yang kita tunggu itu ditunda, karena Allah sedang menyempurnakannya,” tutupnya. 

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here