Memenuhi Kebutuhan Nelayan, DKP Bolsel Bakal Menambah Pabrik Es Balok

0
78
Memenuhi Kebutuhan Nelayan, DKP Bolsel Bakal Menambah Pabrik Es Balok
Kepala DKP Bolsel Awaludin Lamalani.
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL —Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berencana akan menambah pabrik es balok baru. Sebab, pabrik es balok yang ada di Desa Tangagah tidak memenuhi kebutuhan para nelayan. 

Kepala DKP Kabupaten Bolsel Awaludin Lamalani mengatakan, memang sudah dianggarkan tahun ini akan di bangun pabrik es balok baru yang akan berlokasi di desa Momalia, Kecamatan Posigadan. 

“Rencananya mulai pembangunan pada triwulan 2 ini, tapi kami masih menunggu anggaran,” kata Lamalani, Rabu (02/06/2021).

Dikatakan, pabrik es yang akan di bangun ini besarnya seperti yang ada di Desa Tangagah. Bisa produksi 15 ton es balok dalam sehari. 

“Tak hanya itu, kita juga akan menambahkan ice storage merupakan alat untuk menyimpan es balok agar tidak mencair,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, penyiapan pabrik es balok ini merupakan kebutuhan mendasar bagi nelayan maupun pedagang ikan. Karena selama ini produksi es balok yang tersedia belum mencukupi kebutuhan nelayan maupun pedagang ikan.

“Kebutuhan mutlak, sebab es balok merupakan faktor utama atau urat nadi bagi nelayan dalam pemasaran hasil perikanan,” imbuhnya.

Awaludin menjelaskan, memang saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan es balok karena hanya 1 pabrik saja. Yang bisa memproduksi 15 ton dalam sehari.

“Sedangkan itu hanya bisa memenuhi kebutuhan 5 Pajeko saja , di Bolsel sendiri ada 34 Pajeko. Belum kapal – kapal kecil dan pedagang,” pungkasnya.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here