Kemenag Bolmong Ajak Petugas Agama Terapkan Anjuran Pemerintah

0
215
Kemenag Bolmong Ajak Petugas Agama Terapkan Anjuran Pemerintah
Kepala Kemenag Bolmong Muhtar Bonde

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengajak kepada petugas agama di setiap rumah ibadah di Bolmong, agar dapat mengikuti anjuran pemerintah.

“Saya mengajak kepada petugas agama baik di Masjid para imam dan pegawai syar’i,  dan penyelenggaraan Gereja dan Hindu lainnya untuk dapat menjalankan surat edaran (SE) dari Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2020,” kata Kepala Kemenag Bolmong Muhtar Bonde, Senin (29/06/2020).

Dijelaskannya, bunyi surat tersebut menjelaskan tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif, dan aman Covid di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

Lanjut dia, pihaknya sudah melakukan koordinasi melalui rapat bersama dengan Asisten 1 Deker Rompas, Kadis Kesehatan Erman Paputungan, serta sejumlah Ketua/pengurus organisasi keagamaan, yang digelar diruang rapat Asisten 1, Senin (23/06) lalu.

“Dalam rapat itu, Pemkab Bolmong sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang baik, terhadap tindak lanjut pemberlakukan surat edaran Menag RI,” ujar Bonde.

Dalam kesempatan tersebut, Bonde meminta kepada seluruh aparatur Kemenag yang menjadi garda terdepan yakni KUA dan penyuluh agama untuk bersama-sama mengawal langsung pemberlakuan surat edaran Menag tersebut.

“Saya minta seluruh Kepala KUA serta Penyuluh PNS dan Non PNS  bekerja sama dengan jajaran pemerintah di tingkatan masing-masing agar mengawal, memantau dan mengevaluasi implementasi SE Menag Nomor 15 Tahun 2020,” tegas Bonde.

Selain itu, Bagi Agama Kristen dan Hindu juga untuk dapat melaksanakan surat edaran tersebut, baik PNS dan Non PNS untuk bekerja sama dengan pemerintah desa dan kecamatan ditingkatkan masing-masing.

“Saya harap surat edaran dari Menag RI ini dapat dilaksanakan dengan baik, ini demi mencegah penyebaran Covid-19, dikabupaten Bolmong,” pungkas Bonde.

Sementara itu, Asisten 1 Deker Rompas membenarkan rapat bersama dengan Kemenang Bolmong.

“Iya benar dan Surat edaran Menag RI tersebut akan segera ditindaklanjuti sampai ke kecamatan dan desa di Bolmong,” singkatnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here