Advertorial

Bupati Resmi Buka Pelaksanaan MTQ ke-XXVIII Tingkat Kabupaten Bolsel

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Bupati Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) HI. Iskandar Kamaru, S.Pt, Rabu (24/6/2020), resmi membuka pelaksanaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) ke-XXVIII tingkat Kabupaten Bolsel.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kator Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Bolsel itu dihadiri Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenag Sulut, diwakili Kepala Bidang Bimas Islam Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Kakan Kemenag Bolsel Hi. Irmanto Usuli, Ketua LPTQ Bolsel Alsyafri Kadullah, para Dewan Juri, Kepala KUA, serta peserta (Khalifah) MTQ ke-XXVIII.

Sambutan oleh Kakanwil Kemenag Sulut, yang diwakili Kepala Bidang Bimas Islam Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd

Mengawali sambutannya, bupati atas nama pemerintah daerah menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya berkaitan dengan adanya penundaan kegiatan MTQ, yang sedianya dilaksanakan pada 17 Maret 2020.

“Meski waktu itu Bolsel masih zona hijau, namun situasi saat itu sudah darurat Covid-19. Sehingga, dengan terpaksa pelaksanaan MTQ sempat mengalami penundaan,” ungkap Iskandar.

Iskandar menjelaskan, tiba-tiba pihaknya mendapat surat dari Ketua LPTQ Provinsi Sulut Hi. Herson Mayulu, S.IP dan Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Keneag Sulut Ulyas Taha, terkait pelaksanaan MTQ.

“Akhirnya saya perintahkan Kabag Kesra untuk menghadap Sekda untuk membicarakan dan segera memfasilitasi pelaksanaan kegiatan MTQ. Alhamdulillah, kita bersyukur atas ridho Allah SWT, hari ini kita bisa menyelenggarakan MTQ,” ujarnya.

Tampak Wakil Bupati Bolsel dan para pejabat Bolsel dan tamu undangan lainnya hadir pada pembukaan MTQ ke-XXVIII tinmgkat Kabupaten Bolsel

Selain memfasilitasi pelaksanaan MTQ, bupati juga telah memerintahkan Kabag Keuangan Kabupaten Bolsel untuk mengalokasikan anggaran persiapan kontingen Bolsel yang nantinya akan mengikuti MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Sangihe.

“Insha Allah mulai tahun depan, Pemda Bolsel juga akan menggelar STQ. Anggarannya akan disiapkan sebesar Rp250 juta. Begitu juga untuk seleksi di tiap kecamatan, termasuk pengadaan kendaraan operasional penyuluh agama di tujuh kecamatan,” terangnya.

Diakhir sambutan, bupati menyampaikan selamat bertanding kepada para Khalifah, semoga memperoleh hasil yang maksimal. Semoga momen MTQ ini bermakna dan niat yang jauh lebih mulia di dalamnya, yaitu sebagai upaya membumikan Al Quran, dan menghasilkan generasi muda Qurani terbaik.

“Diucapkan juga terima kasih kepada panitia pelaksana, yang telah bekerja keras sehingga MTQ ini bisa terselenggara. Semoga pelaksanaan MTQ ke-XXVIII ini dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik,” imbuh Iskadar, sembari berharap wabah Covid-19 segera berakhir.

Tampak suasana pembukaan MTQ ke-XXVII tingkat Kabupaten Bolsel

Sementara itu, mewakilai Kakanwil Kemenag Sulut melalui Kepala Bidang Bimas Islam Ulyas Taha, dalam kesempatan memberikan sambutan menyampaikan bahwa, terlaksananya kegiatan MT ini merupakan wujud nyata Pemkab Bolsel yang terus berupaya mewujudkan masyarakat yang religius.

“Diharapkan pembinaan Qori dan Qoriah di Kabupaten Bolsel akan terus dijalankan. Karena, saya lihat di Kabupaten Bolsel ada potensi. Jika ini berjalan baik, maka ke depan kita bisa berbicara melalui ajang MTQ tingkat nasional,” tandas Ulyas.   

Adapun pelaksanaan MTQ ke-XXVIII tingkat Kabupaten Bolsel ini akan berlangsung selama dua hari ke depan, mulai 24 sampai dengan 26 Juni 2020, yang diikuti oleh 109 peserta dari perwakilan tujuh kecamatan se-Kabupaten Bolsel. Masing-masing dari kecamatan Bolaang Uki 29 peserta, Helumo 23 peserta, Tomini 21 peserta, Posigadan 9 peserta, Pinolosian 15 pserta, Pinolosian Tengah 7 peserta dan Pinolosian Timur 5 peserta.     

Turut hadir dalam pembukaan MTQ itu, Wakil Bupati Deddy Abdu Hamid, para Assisten, kepala dinas/badan, staf ahli, staf khusus bupati dan para camat, serta tamu undangan lainnya.

(Advertorial/Gnm)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button