Difasilitasi Pemprov Sulut, Iskandar-Yasti Hadiri Rapat Pembahasan Batas Bolsel dan Bolmong

0
1
Difasilitasi Pemprov Sulut, Iskandar-Yasti Hadiri Rapat Pembahasan Batas Bolsel dan Bolmong
Iskandar Kamaru (kanan) , Jemmy S. Kumendong (tengah) dan Yasti Soepredjo Mokoagow (kiri)
Advertisement

BOLMORA.COM, MANADO – Bupati Iskandar Kamaru, mengikuti Rapat Fasilitasi Percepatan Penyelesaian Batas antara Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), yang bertempat di Ruang Rapat Gubernur Lantai 6 Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Senin (10/5/2021).

Rapat ini difasilitasi oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sulut Jemmy S. Kumendong, dan dihadiri Gubernur Sulut yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, serta Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. 

Bupati Iskandar Kamaru menyampaikan, hasil rapat memberikan alternatif pemecahan yang meliputi tiga poin penting di antaranya : 

1. Bahwa Pemprov Sulut telah menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 135/1219/BAK, Tanggal 9 Maret 2021, perihal: Langkah Percepatan Penyelesaian Batas Daerah.

2. Pemkab Bolsel dan Pemkab Bolmong menyerahkan penyelesaian masalah batas ini kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri RI sesuai ketentuan Peraturan Perundang undangan yang berlaku. 

3. Pemkab Bolmong setuju bahwa tindak lanjut penyelesaiannya berdasarkan amanat Undang-Undang melalui Putusan Mahkamah Agung Nomor: 75-P/HUM/2018. 

“Hasil yang diputuskan dalam rapat ini selanjutnya akan dilaporkan ke Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian untuk ditindaklanjuti,” ungkap Iskandar. 

Diketahui, Kabupaten Bolsel dan Bolmong memiliki sua lokasi batas wilayah, yaitu di Kecamatan Pinolosian Tengah (Bolsel)-Kecamatan Lolayan (Bolmong), Kecamatan Bolaang Uki (Bolsel)-Kecamatan Dumoga Barat (Bolmong). 

Turut mendampingi dalam rapat tersebut, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Asisten I dan III Sekretariat Daerah Bolsel, Kabag Hukum dan Kabag Tapem, Kakan Kesbangpol, Kabag Prokopim dan Kasubag Otonomi Daerah.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here