3 Puskesmas Rawat Jalan Akan Ditingkatkan Menjadi Rawat Inap

0
Dinkes Bolmong Ajak Masyarakat Budayakan 3M
Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Sahara Albugis
Advertisement

BOLMORA, BOLMONG – Dari 17 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), 14 di antaranya adalah Puskesmas rawat jalan dan tiga lainnya akan di tingkatkan menjadi Puskesmas rawat inap. Ketiga puskesmas tersebut adalah Puskesmas Pangian, Puskesmas Doloduo dan Puskesmas Pusian.

Adapun anggaran pembangunan ketiga Puskesmas ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kita akan meningkatkan tiga Puskesmaas rawat jalan menjadi rawat inap. Masing–masing gedung Puskesmas ini memakan biaya Rp5 Miliar,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Sahara Albugis, Jumat (4/5).

Peningkatan status puskesmas rawat jalan menjadi rawat inap bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat.

“Peningkatan puskesmas rawat jalan menjadi rawat inap guna menunjang penanganan kesehatan yang cepat pada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, Puskesmas adalah pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat.

“Nantinya tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit, jika masih bisa disembuhkan dengan fasilitas kesehatan di Puskesmas,” imbau Sahara.

Dia juga berpesan kepada semua tenaga kesehatan di Puskesmas agar bekerja secara profesional sesuai standar kerja.

“Petugas medis harus bekerja sesuai standar prosedur operasional (SOP), etika profesi dan hormati hak pasien,” harapnya.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here