Bolmut Expo 2016 Resmi Dibuka

0
346
Advertisement

Bolmut Expo 2016 Resmi Dibuka

Bolmora – Boroko

Kegiatan Bolmut Expo 2016 resmi dibuka Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh, Rabu (18/5/2016).

Pembukaan Bolmut Expo dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Kabupaten Bolmut, yang dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko, Kecamatan Kaidipang, didahului dengan parade adat yang berasal dari etnis Bolaang Mongondow (Bolmong), Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG), Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), dan beberapa adat istiadat yang ada di Bolmut.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat positif terhadap pelestarian adat dan budaya yang ada di Bolmut maupun beberapa adat yang berasal dari luar daerah. Sehingga itu, dirinya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar terus mempertahankan berbagai budaya tersebut.

“Semua budaya-budaya yang ada di Bolmut perlu diangkat kepermukaan. Sebab, hal ini akan menjadi salah satu kekayaan daerah yang tidak dapat ditukar dengan apapun, karena dengan beragamnya budaya yang ada, membuktikan jika daerah ini masih mempertahankan persatuan dan kesatuan,” kata bupati.

Pun demikian, orang nomor satu di Bolmut ini mengingatkan, selain mengembangkan berbagai budaya yang berasal dari luar daerah, budaya serta tradisi yang ada di Bolmut harus lebih dikedepankan.

“Pemerintah sangat mendukung adanya corak serta berbagai macam budaya yang berasal dari luar daerah, dan kini berkembang. Namun, budaya dan adat kita harus mendapatkan porsi yang paling terdepan,” imbaunya.

Dengan adanya keberagaman adat dan budaya, diharapkan mampu memberikan dampak yang positif. Sehingga, Kabupaten Bolmut bisa mencapai visi sebagai daerah Jujur, Unggul, Adil dan Sejahtera (JUARA).

“Pelestarian adat dan budaya perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat Bolmut. Dengan demikian akan terjadi harmonisasi antara sesama masyarakat Bolmut,” pungkas papa Adit sapaan akrab bupati.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Boroko, pimpinan dan anggota DPRD Bolmut, Plt Sekda, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Bolmut, Ketua Presidium Pemekaran Bolmut, para Asisten, Kepala SKPD, camat, sangadi, serta seluruh PNS di lingkungan Pemkab Bolmut.(mg-03/gm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here