Sejarah 18 Mei Pemain Sepak Bola Profesional

0
855
Advertisement

Sejarah 18 Mei Pemain Sepak Bola Profesional

Bolmora – Olahraga

Tanggal 18 Mei 1989, Zinedine Zidane menjalani debut profesionalnya bersama club sepak bola Cannes di usia 16 tahun, yang mana di saat pertandingan melawan club sepak bola Nantes di Divisi Satu Prancis.

Zidane, bernama lengkap Zinedine Yazid Zidane, merupakan legenda besar Prancis. Pria yang kini melatih Real Madrid itu pernah dikenal sebagai salah satu pemain sepakbola paling penting di dunia.

Zizou, panggilan akrabnya, mengawali kariernya bersama Cannes sebelum kemudian bermain di Bordeaux, Juventus, dan terakhir Real Madrid. Bakatnya ditemukan oleh mantan pemain Cannes, yaitu Juan Varraud yang memberi rekomendasi kepada dia untuk berlatih di klub.

Pada awalnya, Zidane hanya mendapat kesempatan bertahan di Cannes selama enam pekan saja, namun berkat potensinya yang mumpuni, ia bertahan selama empat musim untuk bermain di level profesional. Ia diundang oleh Jean-Claude Elineau untuk meninggalkan asrama dan memilih bertahan dengan direktur Cannes itu bersama keluarganya. Zizou mengakui, tinggal bersama Elineau membuat dirinya bisa mendapatkan keseimbangan.

Latihan-latihan pertama Zidane di Cannes lebih memfokuskan pada kendali emosi. Di sana ia menyadari kalau dirinya belum matang dan sensitif, yang rentan untuk menyerang penonton yang menghina ras dan keluarganya. Varraud, pelatih pertamanya, mendorong dia untuk mengatasi amarah dan fokus dengan pertandingannya sendiri. Zidane menjalani pekan-pekan pertama di Cannes terutama dengan tugas bersih-bersih sebagai hukuman karena telah memukul lawan yang mengejek asal-usulnya. Perlu diingat, tindakan kekerasan yang ia tunjukkan di sejumlah kesempatan di dalam kariernya tidak terlepas dari latar belakang konflik internal antara Al-Jazair dan Prancis serta kehidupan jalanan di La Castellane, kampung halamannya ketika kecil.

Zidane bisa menjalani masa-masa awal di Cannes dengan lebih baik. Debut profesionalnya kontra Nantes menjadi saksi sejarah akan lahirnya seorang pemain besar di level dunia. Ia kemudian menjelma menjadi pemain besar dengan teknik permainan yang sedap dipandang mata dan mengundang decam kagum.

Zidane akhirnya mencetak gol pertamanya pada 10 Februari 1991, juga lawan tim yang sama, Nantes, dengan kemenangan 2-1. Yang menarik, ia mendapat hadiah mobil usai pertandingan, dari chairman Cannes Alain Pedretti, yang pernah berjanji kalau sang talenta itu mencetak gol pertamanya untuk klub.

Musim itu, 1990/91, pengaruh Zidane terbilang sangat besar karena Cannes bisa finish di peringkat keempat di liga dan berhak lolos ke kompetisi Eropa (Piala UEFA) untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Zidane meninggalkan Cannes dan bergabung ke Bordeaux pada akhir musim 1991/92. Selama empat musim, ia mencetak total lima gol dari 38 pertandingan di berbagai ajang atau lima gol dari 31 pertandingan ajang liga (Divisi Satu).(bl/ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here