2 Miliar Bakal Dikucurkan untuk Mengurangi Angka Pengangguran

0
240
Advertisement

2 Miliar Bakal Dikucurkan untuk Mengurangi Angka Pengangnguran 

Bolmora – Bolmut

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendapat kucuran dana segar dari pemerintah pusat, yang diperuntukkan bagi program padat karya khususnya para penganguran.

Dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bolmut Karim Lalisu, pihaknya tinggal menunggu anggaranya turun dan segerah direalisasikan.

“Dananya sebesar Rp2 miliar. Jika tak ada aral melintang, Insha Allah dananya bisa cepat turun, sehingga pemerintah daerah bisa segera merealiasikannya,” kata Lalisu.

Menurutnya, langkah pemberdayaan pengangguran dan setengah pengangguran ini akan direalisasikan lewat sistem padat karya. Di antaranya, padat karya infrastruktur dan padat karya produktif. Program padat karya infrastruktur meliputi jalan, plat decker dan sejenisnya. Sementara, padat karya produktif meliputi pasar tradisional, karamba, terapan teknologi tepat guna dan pemeliharaan ternak itik.

“Nantinya, masyarakat akan dibentuk ber-kelompok yang beranggotakan 10 orang atau lebih, guna mendapatkan anggaran hingga Rp100 juta perkelompok. Penyaluran dan pendampingan bantuan nantinya akan dilakukan lewat tenaga pendamping yang telah ditentukan,” terangnya.

Terpisah, Bupati Bolmut Drs. Depri Pontoh mengatakan, dana tugas pembantuan penempatan dan perluasan kesempatan kerja (P3KK), melalui program padat karya yang meliputi beberapa kegiatan dan melibatkan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau penganguran ini, tentunya sangat positif dan membantu percepatan dalam menangani masalah penganguran yang ada di daerah .

“Lewat dana ini pemerintah daerah dapat membidik manfaat pelaksaan program padat karya infrastruktur, yang diharapkan dapat mempermudah akses jalan atau transportasi warga ataupun mendorong inovasi masyarakat dalam menumbuhkan-kembangkan ekonomi kerakyatan. Baik di bidang pertanian maupun bidang-bidang lain,” papar Pontoh.(mg-04/ady)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here