Gandeng DPC Sahabat Polisi, Satlantas Polres Kotamobagu Gelar Sosialisasi ETLE di Kampus IAI Muhammadiyah

0
Gandeng DPC Sahabat Polisi, Satlantas Gelar Sosialisasi ETLE di Kampus IAIM Kotamobagu
Foto bersama Kasat Lantas AKP Novita Citra M. Restika, Rektor IAI-Muhammadiyah Samsu Bahri Tulutugon M.PD dan Ketua SPI Wandy Rotu serta jajaran pengurus DPC Sahabat Polisi Kotamobagu

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Sosialisasi mengenai Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik kepada masyarakat luas terus digalakkan oleh pihak kepolisian, baik ditingkat Polda hingga ke tingkat Polres-Polres di seluruh Indonesia.

Salah satunya di Polres Kotamobagu, melalui unit Satuan Lalu Lintas (Satlantas) sosialisasi program ETLE terus dilakukan. Kali ini sosialisasinya dilakukan di kampus IAI-Muhammadiyah (IAIM). Jumat 16 April 2021 tadi pagi.

Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati melalui Kasat Lantas AKP. Novita Citra M. Restika mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi ETLE hari ini dilakukan atas dukungan dan kerjasama dari DPC Sahabat Polisi Kotamobagu dan Kampus IAIM Kotamobagu.

Memang, kata Kasat, di Kotamobagu sendiri ETLE masih dalam tahap uji coba, karena masih menunggu alat-alat penunjang lainnya.

“ETLE yang sudah terpasang baru di Kota Manado. Sementra di Kotamobagu masih dalam tahap uji coba, dan masih menunggu alat penunjang lainnya dari Manado, ” ujar Kasat Lantas di gedung aula kampus IAIM, Kelurahan Matali, Kotamobagu Timur.

Meski demikian, kasat menjelaskan bahwa untuk saat ini area Kotamobagu sudah ada 8 titik CCTV yang aktif.

“Saat ini ada delapan titik area yang sudah terpasang CCTV aktif di Satuan lalu lintas Polres kotamobagu, ” terang kasat AKP Novita.

Dalam kesempatan ini, lanjut kasat, merasa bangga dan bersyukur bisa diberikan waktu dan tempat untuk mensosialisasikan program ETLE.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan bangga bisa diberikan waktu dan tempat untuk sosialisasi kepada adik-adik Mahasiswa. Harapannya peserta yang hadir bisa turut sama-sama mensosialisasikan ETLE kepada keluarga, teman dan sanak saudara lainnya untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, agar angka kecelakaan di Kotamobagu bisa terus menurun, ” jelas Restika.

Ia juga berpesan kepada masyarakat agar bisa menjadi agen keselamatan atau pelopor bagi diri sendiri untuk patuh dalam berlalu lintas.

“Harapan kami, masyarakat bisa menjadi pelopor diri sendiri dalam keselamatan berkendara, dan juga kepada orang lain. Dengan begitu dapat menurunkan fatalitas kecelakaan di wilayah Bolmong Raya, khususnya di Kotamobagu, ” tutup Kasat.

Sementara itu, Rektor IAI-Muhammadiyah Kotamobagu H.I Samsung Bahri Tulutugon M.PD merasa sangat bersyukur atas kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan di Kampus hari ini.

“Syukur Alhamdulillah dari pihak kepolisian datang sosialisasi, dengan begitu Mahasiswa akan tahu persis masalah larangan-larangan atau aturan berlalu lintas, ” ujar Rektor.

Rektor berharap adik-adik Mahasiswa bisa menjadi pioner, contoh dan teladan bagi Masyarakat Kotamobagu. 

“Harapan saya Mahasiswa menjadi contoh teladan, terlebih Institut Agama Islam Muhammadiyah Kotamobagu memiliki nilai keislaman, ” ungkap Rektor.

Disisi lain, ketua Panitia Pelaksana Lindry Manoppo mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus dan DPC Sahabat Polisi yang sudah menjembatani kegiatan dengan Polres Kotamobagu.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Fakultas Syariah khususnya Prodi Hukum Keluarga bekerjasama dengan DPC Sahabat Polisi Kotamobagu dan Sat lantas Polres kotamobagu. Untuk itu kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh instansi, teman-teman Mahasiswa dan Adik-adik dari SMK yang sempat hadir, terlebih Ketua DPC SPI Kotamobagu, bang Wandy Rotu, ” ujarnya

Terpisah, Ketua DPC Sahabat Polisi Indonesia Kota Kotamobagu mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program-program Polri termasuk ETLE. 

“Kami sangat mendukung program ETLE. Semoga melalui program ini kesadaran masyarakat bisa tumbuh dan kedepannya kita menjadi warga yang taat berlalu lintas” ujar Wandy Rotu.

Ia berharap Satlantas Polres bisa terus memberikan edukasi kepada masyarakat Kotamobagu terkait program keselamatan berlalu lintas secara humanis dan kontinyu.

Dia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolres Kotamobagu dan Ibu Kasat Lantas yang sudah memberikan edukasi ETLE kepada adik-adik pelajar, khususnya di kalangan Mahasiswa IAIM Kotamobagu.

“Atas kegiatan ini, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pak Kapolres AKBP. Prasetya Sejati dan Ibu Kasat Lantas AKP. Novita Citra M. Restika. Kami DPC SPI Kotamobagu akan terus mendukung dan ikut mensosialisasikan program-program Polri ke seluruh lapisan masyarakat, ” tutup Wandy.

(Nisar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here