Pilsang Serentak di Bolmong Dipastikan Digelar Tahun 2021

0
Pilsang Serentak di Bolmong Dipastikan Digelar Tahun 2021
Kabid Pemerintahan Desa Program Pembagunan Masyarakat Desa, Dinas PMD, Isnaidin Mamonto

BOLMORA.COM, BOLMONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) memastikan akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) atau pemilihan sangadi serentak di 96 desa pada tahun 2021 ini.

“Untuk waktu pelaksanaannya belum bisa dipastikan. Yang pasti tahun 2021 ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Program Pembagunan Masyarakat Desa, Dinas PMD, Isnaidin Mamonto, Selasa (13/4/2021).

Berikut desa yang melaksanakan pilkades :

Menurutnya, pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang mulai digelar beberapa pekan lalu, merupakan rangkaian sebelum pilsang.

“Pemilihan BPD merupakan rangkaian sebelum pilsang,” ucapnya.

Dikatakannya, adapun untuk penganggaran pelaksanaan tahapan pilsang tahun ini, Mamonto menyebut akan dibebankan pada APBD.

“Untuk anggarannya dibebankan di APBD Pemkab Bolmong,” tambahnya.

Ia meminta, dalam menghadapi kontestasi pemilihan anggota BPD dan kepala desa, seluruh elemen masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban di masing-masing desa.

“Pemilihan anggota BPD dan kepala desa adalah pesta politik lokal yang pesertanya adalah masyarakat itu sendiri. Siapa saja bisa berpartisipasi, baik menjadi calon anggota BPD dan kepala desa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami berharap agar kompetisi ini diikuti dan bersaing dengan sehat,” ajak Mamonto.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here