Meskipun Situasi Darurat Covid-19, Pemkab Bolmong Tetap Siap Hadapi Tahapan Audit Rinci

0
193
Aksi ASN Bolmong ini Pantut Dicontoh
Kepala Badan Keuangan Daerah Pemkab Bolmong, Rio Lombone

BOLMORA.COM, BOLMONG — Meskipun dalam kondisi penanganan virus corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tetap siap menghadapi tahapan audit rinci terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Kita masih menunggu surat resmi dari BPK. Namun jika tidak tergeser audit rinci tersebut dipastikan akan dilakukan pada pekan ini,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone. 

Dikatakannya, audit rinci kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini proses pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Sulut, menggunakan video dan data dikirim lewat email.

“Mengingat kondisi dalam menghadapi penanganan Covid19, konsep audit dilakukan dengan work from home. Dokumen yang dibutuhkan dikirim lewat email. Begitu juga system pemeriksaan dilakukan menggunakan video. Jika ada yang mendesak baru tim akan turun lapangan,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Bolmong  Yasti Soepredjo Mokoagow melalukan video conference (Vicon) dengan ketua BPK perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) bersama Gubernur bersama para kepala daerah se-Sulut. Dalam vicon tersebut, Bupati Yasti didampingi Sekda Tahlis Gallang dan Kepala BKD Rio Lombone yang berlangsung di ruang kerja Bupati, beberapa waktu lalu.

“Dalam vicon dengan ketua BPK, Bupati Yasti siap dengan sistim audit rinci yang baru. Proses audit rinci sudah berbeda dengan sebelumnya,” kata lombone

Untuk memaksimalkan pelaksanaan audit from home, Pemkab Bolmong akan menyiapkan peralatan IT yang memadai untuk mendukung proses audit rinci.

(Agung).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here