DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penyampaian LKPj Tahun Anggaran 2017

0
441
DPRD Bolmong Gelar Paripurna LKPj Tahun Anggaran 2017
Rapat Paripurna LKPj Tahun Anggaran 2017 Kabupaten Bolmong
Advertisement

BOLMORA, ADVERTORIAL –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (10/4), menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bolmong tahun anggaran 2017.

Rapat paripurna yang digelar di ruang paripurna kantor DPRD Bolmong tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling,didampingi Wakil Ketua Kamran Mukhtar dan Abdul Kadir Mangkat, serta dihadiri 20 anggota DPRD lainnya.

Tampak para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, saat pembukaan rapat paripurna

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling mengatakan, rapat paripurna ini digelar berdasarkan surat dari Pemkab Bolmong Nomor 100/Setdakab/01/25/III/2018, perihal permohonan penjadwalan penyampaian LKPj bupati tahun 2017.

Menurutnya, sesuai aturan perundang-undangan, kepala daerah dan wakil wajib menyampaikan LKPj akhir tahun anggaran, yang disampaikan ke DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Secara normatif, LKPJ memiliki arti penting bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan efisien, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggara pemerintah daerah, melalui fungsi pengawasan DPRD.

Tampak para peserta serius mengikuti rapat paripurna

Lebih lanjut Welty mengatakan, untuk memaksimalkan pembahasan LKPj, maka dengan mangacu pada PP Nomor 16 tahun 2010, DPRD langsung membentuk pansus LKPJ yang berjumlah 13 orang dari masing-masing fraksi. Sehingga itu, Pansus yang telah dinbentuk harus bekerja maksimal selama 30 hari kedepan, dan harus menetapkan poin-poin rekomendasi yang akan dituangkan dalam surat keputusan DPRD. Selama pembahasan, pansus juga akan memanggil seluruh SKPD secara bergilir untuk dimintai keterangan.

Bupati Yasti Soepredjo, saat menyampaikan sambutan pengantar paripurna LKPj

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, juga menyampaikan terkait penyampaian LKPj tahun 2017.

Turut hadir pada rapat paripurna itu, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Sekda Tahlis Gallang, para asisten, dan jajaran pejabat Bolmong, unsur Forkopimda Bolmong serta tamu undangan lainnya.(adve/agung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here