Badko HMI Sulteng Apresiasi Kinerja Polri Amankan Jalannya Kongres ke-31 HMI di Surabaya

0
Badko HMI Sulteng Apresiasi Kinerja Polri Amankan Jalannya Kongres ke-31 HMI di Surabaya
Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Sulteng Muhammad Rafik

BOLMORA.COM, PALU — Kongres ke-31 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Surabaya, Provinsi Jawa Timur telah usai dengan terpilihnya Raihan Ariatama sebagai Ketua Umum PB HMI untuk masa Bakti 2021-2023.

Kongres ke-31 HMI dilaksanakan di Gedung Islamic Center Surabaya dimulai sejak 17 Maret 2021 hingga 25 Maret 2021 dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara. 

Atas terlaksananya Kongres HMI, Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sulawesi Tengah mengapresiasi atas keberhasilan Polri dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama pelaksanaan kongres.

Ketua Umum Badko HMI Sulteng, Muhammad Rafiq, menyampaikan selama pelaksanaan kongres HMI beberapa kali terjadi kericuhan hingga berujung rusaknya fasilitas Islamic Center. 

Meski begitu, aparat kepolisian langsung mengamankan situasi hingga tidak mengganggu stabilitas keamanan masyarakat di lokasi kongres. 

“Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membuktikan peran pentingnya dalam mengamankan pelaksanaan kongres,” jelasnya kepada media ini, Selasa 29 Maret 2021. 

Selain itu, pengamanan ketat oleh aparat di lokasi kongres juga berhasil mengurangi potensi kericuhan dengan melakukan pengetatan pada setiap pintu masuk, mulai dari jalan menuju arena kongres hingga gerbang Islamic Center. 

Di sisi lain, kebersamaan yang dibangun jajaran kepolisian dengan para ribuan rombongan HMI juga mendapat apresiasi. 

Rafiq menilai, momentum tersebut menjadi pembuktian bahwa Polri dan HMI merupakan satu bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara. 

“Kebersamaan jajaran Polri dan HMI menjadi modal besar dengan harapan akan ada sinergitas dalam menjaga situasi keamanan di masyarakat,” jelasnya. 

Olehnya itu, Rafiq berharap kebersamaan itu tidak berhenti usai pelaksanaan kongres. Namun terus terbangun hingga ke daerah-daerah, salah satunya Polda Sulteng.  

“Saya berharap Polda Sulteng juga ikut merawat kebersamaan itu dengan bersama-sama menjaga kamtibnas di Sulteng,” jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, ribuan kader HMI turut hadir dalam pelaksanaan kongres di Surabaya, baik yang berstatus peserta hingga rombongan kader HMI yang ingin melihat langsung lokasi pelaksanaan kongres. 

Saat ini, para kader HMI itu telah bertolak ke masing-masing daerah, salah satunya peserta dari Sulawesi menuju Makassar, Sulawesi Selatan, dengan menggunakan kapal penumpang Dorolonda dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu 27 Maret 2021.***

(Irfan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here