Pemkab Bolmong Sambut Kunjungan Kerja Rombongan Ketua DPRD Sulut

0
55
Pemkab Bolmong Sambut Kunjungan Kerja Rombongan DPRD Sulut
Foto bersama Bupati Bolmong dan Rombongan Ketua DPRD Sulut dr. Andi Silangen
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG — Kunjungan kerja (Kunker) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) Fransiskus Andi Silangen bersama rombongan Komisi I DPRD disambut hangat Pemkab Bolmong. Jumat (5/3/2021) di Kantor Bupati Bolmong

Dalam kunjungan itu, rombongan langsung dijemput oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow,  didampingi Sekretaris daerah Tahlis Gallang, dan beberapa Kepala SKPD.

Bupati Yasti mengatakan, kunker pihak DPRD dalam rangka melakukan koordinasi terkait penggunaan Dana Desa (Dandes) di Bolmong. 

“Diantaranya terkait berapa persen penggunaan padat karya tunai, BLT, infrastruktur desa serta penanganan Covid-19. Alhamdulillah dandes kita sebesar Rp 160 Miliar lebih terserap seratus persen,” kata Bupati.   

Lebih lanjut Yasti menjelaskan, untuk program padat karya tunai melalui dandes di Bolmong itu terserap kurang lebih 13 persen, kemudian BLT sesuai dengan Permenkeu dan Permendes terserap sebesar 49 persen. Jadi total untuk padat karya dan BLT hampir 60 persen yakni, 59,75 persen. Selain itu untuk penanganan covid dan pekerjaan lainnya di desa kurang lebih terserap sebanyak 39,25 persen.

“Dengan penjelasan soal penggunaan dandes ini DPRD Sulut memberikan apresiasi atas terserapnya anggaran 100 persen,” ungkapnya.     

Sementara itu, Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen menuturkan,  pihaknya bersama Komisi I dalam kunjungan tersebut melihat langsung realisasi dan penggunaan dandes di Bolmong.

“Kita datang melihat untuk kegiatan padat karya yang alokasi anggarannya dari dana desa, serta pelibatan masyarakat yang ada di lokasi proyek. Kemarin di Desa Kopandakan, hari ini di Bilalang,” katanya.

Dengan penggunaan dandes di Bolmong sangat diapresiasi Silangen dan cukup menggembirakan. Dimana kata dia, masyarakat terlibat aktif, serta penyaluran BLT yang dialokasikan dari dandes berjalan lancar dan baik.

“Untuk penggunaan dandes tidak ada persoalan, baik padat karya, BLT maupun penanganan covid. Semua berjalan dengan baik. Kemudian terkait fisik pembangunannya melibatkan masyarakat. Dalam kondisi pandemi, masyarakat  juga mendapatkan makna ekonomi dari berbagai proyek lewat dandes,” tuturnya.

Sekedar diketahui, dalam kunker dilakukan penyerahan cinderamata dari Bupati Bolmong yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Sulut. Dan Cendera mata dari Ketua DPRD Sulut kepada Bupati Bolmong.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here