Ketua DPRD Bolsel Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Secara Online

0
652
Ketua DPRD Bolsel Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Secara Online
Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, saat menerima kunjungan Kepala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Sulawesi Utara Royke Rawung dan Kepala Seksie Statistik BPS Bolmong Richi Pinontoan (Foto: Aspriadi Paputungan)
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Ketua DPRD Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) Arifin Olii, Kamis (5/3/2020), menerima kunjungan Kepala Bagian Tata Usaha BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Sulawesi Utara Royke Rawung, didampingi Kepala Seksie Statistik BPS Bolmong Richi Pinontoan.  

Pada kesempatan itu, Kepala Tata Usaha BPS Provinsi Sulawesi Utara Royke Rawung, menyampaikan tentang manfaat data sensus penduduk 2020 dan tujuan kehadirannya di Kabupaten Bolsel.

“Manfaat data sensus penduduk 2020, selain untuk penyediaan data kependudukan dan karakteristiknya, hasil sensus penduduk online juga akan menjadi dasar evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia, serta dasar perencanaan diberbagai bidang. Di antaranya transportasi, komunikasi, tata ruang dan lingkungan, ketenagakerjaan, perumahan, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya,” jelasnya.  

Pun kehadiran mereka di Kabupaten Bolsel adalah untuk sosialisasi dan melakukan pendampingan sensus penduduk online 2020.

Sementara, ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan  sensus penduduk 2020 secara online. Dia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menyukseskan sensus penduduk 2020 secara online.

“Saya mengajak seluruh komponan  masyarakat Kabupaten Bolsel untuk bepartisipasi dan segera mendaftarkan diri secara online yang telah dimulai sejak 15 Februari lalu, hingga 31 Maret 2020 mendatang. Karena pelaksanaan sensus penduduk 2020 secara online ini, demi terwujudnya satu data kependudukan,” ujarnya.

Menurutnya, esensi sensus penduduk tahun 2020 sangat penting. Karena, aktualitas data kependudukan jadi faktor penting bagi pemerintah, baik pusat maupun daerah sebagai pembuat kebijakan.

“Adanya data ganda atau data yang tidak valid akan berpotensi merugikan negara dan daerah. Olehnya, dengan adanya terobosan berupa sensus mandiri secara online, dengan konsep praktis harus dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh masyarakat,” jelas Arifin.

Dia juga mengimbau agar seluruh anggota DPRD dan pegawai di Sekretariat segera melakukan pengisian data sensus secara online. Dengan mendaftarakan diri secara online dan mandiri melalui sensus.bps.go.idmaka secara langsung telah membantu membantu kinerja BPS dalam melakukan pendataan.  

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berpartisipasi pada sensus penduduk online ini. Nantinya, kita akan member kesempata kepada BPS untuk melakukan pendampingan pengisian sensus penduduk online bagi anggota DPRD dan pegawai Sekretariat, yang diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk 2020. Ini juga sesuai intruksi Presiden,” pungkasnya.

 (*/Gun Mondo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here