Yasti Sebut Rumah Korban Banjir yang Hancur Akan Dibangun Kembali

0
378
Yasti Sebut Rumah Korban Banjir yang Hancur Akan Dibangun Kembali
Bupati Yasti Soepredjo Mokoaow, saat meninjau lokasi banjir bandang
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, meninjau langsung lokasi banjir bandang, di Desa Domisil, Kecamatan Sangtombolang, Rabu (4/3/2020).

Saat di lokasi, bupati menghubungi Balai Jalan Nasional agar mengirimkan 5 alat berat, untuk membuka akses jalan nasional Sulut-Gorontalo yang terputus akibat longsor di Desa Pangi.

Selain itu bupati juga meninjau sungai di Desa Domisil tepatnya di Dusun 3 yang paling parah terdampak banjir. Hal itu karena tersumbatnya dua jembatan di desa tersebut dengan adanya material kayu dan batu besar, sehingga membuat aie meluap yang disertai lumpur ke pemukiman warga. 

Bupati Yasti saat diwawancarai mengatakan, faktor banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa hari dan saluran sungai yang tersumbat.

“Laporan yang kita terima tiga orang hanyut dua bisa diselamatkan. sementara satu orang meninggal dunia,” ujar Yasti.

Dikatakan Yasti, selain banjir ada pula longsor yang menyebabkan terputusnya jalan 11 kilometer menuju ke Kabupaten Bolmut dan Provinsi Gorontalo.”Saya sudah koordinasi deng balai jalan nasioanal nanti mereka akan membantu dengan 5 alat berat, sehingga akses jalan bisa terbuka,” tutur Yasti.

Menurutnya, bencana yang terjadi merupakan tanggung jawab Pemkab Bolmong. Ia mengaku akan melaporkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Untuk bantuan yang akan diberikan, Yasti telah memberikan bantuan tahap awal yaitu bantuan makanan serta obat-obatan. Terkait rumah-rumah yang rusak dan hilang, ia berjanji akan dibangun kembali oleh Pemkab Bolmong.

“Saat ini kita baru berikan bantuan tahap awal untuk darurat. Nanti rumah yang rusak dan hilang akan dibangun kembali oleh Pemkab Bolmong,” jelas Yasti.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here