Dinas PMD Boltim Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Pengurus BUMDes

0
145
Dinas PMD Boltim Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Pengurus BUMDes
Tampak suasana kegiatan Penguatan Kapasitas bagi Pengurus BUMDes

BOLMORA.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD), melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang dilaksanakan di lokasi wisata Danau Mooat, Kecamatan Mooat, Kamis (14/3/2019).

Bupati Boltim Sehan Landjar, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sony Waroka mengatakan, salah satu bagian penting dalam melaksanakan pembangunan desa adalah dengan membentuk BUMDes. Dan untuk mengembangkan BUMDes dengan baik, maka perlu didukung dengan tiga pilar utama, yaitu keberadaan sumber daya manusia yang baik, sistem BUMDes yang baik, serta proses bisnis yang tentunya sebagai target capaian desa untuk mewujudkan visi dan misi.

Di lain sisi, penguatan kapasitas pengurus BUNDes bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa, pengawas badan usaha milik desa, dan pengelolah BUMDes.

“Dalam kegiatan pengembangan ekonomi desa khususnya memberikan pemahaman dan pengetahuan serta kemampuan terkait pembentukan, pengelolaan dan pengembangan badan usaha milik desa, serta aturan hukum,  tahapan pembentukan, penyusunan kelayakan, juga tentang manajemen serta pengelolaan keuangan bumdes,” papar Waroka.

Di akhir sambutannya ia berpesan kepada masyarakat desa, kiranya dalam melaksanakan program yang telah menjadi tujuan dan sasaran yang ingin di capai  supaya mampu di terapkan semaksimal mungkin agar bernilai guna untuk semua.

“Boltim merupakan daerah otonom baru yang masih perlu sentuhan dan kreatifitas dari kita semua untuk membawa daerah ini kearah yang lebih baik,” tutupnya.

Kepala Dinas PMD, Slamet Umbola mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk bagaiman  meningkatan kapasitas dari seluruh pengurus bumdes agar mereka mampu mengelolah BUMDes di desa masing masing, karena dana untuk BUMDes lumayan besar. 

“Melalui kegiatan ini, sumber daya mereka akan semakin meningkat, agar mereka mampu mengelola dan  memanajemen Bumdes serta  mengelola keuangan dan usaha mereka,” harap Umbola.

Sementara itu sala satu pemateri Basyori Saini Director Community Development for Indonesia Agriculture and Commodities (codiac.id) mengatakan, BUMDes ini luar biasa karena beda dengan Koperasi Unit Desa (KUD) yang dulu sebab Bumdes suda di desain besar dan lengkap.

“Ketika jadi pengurus Bumdes jangan bosan untuk belajar karna ini barang baru peraturannya baru jadi perlu proses belajar tidak bisa berhenti,  banyak aturan yang mereka harus pelajari, karena mereka nanti akan bekerja dalam tim, manager Bumdes tidak akan mampu bekerja sendiri selain bekerja bersama tim,” pungkasnya.

Diketahui agenda tersebut akan dilaksanakan selama dua hari. Turut hadir dalam acara tersebut, Dinas PMD  Provinsi Sulut, Kordinator Wilayah (Korwil) P3MD Provinsi Sulut, Unsur PT ASA, Camat dan Sangadise-Boltim, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Boltim serta Pengurus Bumdes se-Boltim.

(ayax vay)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here