Kabupaten Bolmong Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Fesbudton ke-XV

0
164
Kabupaten Bolmong Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Fesbudton ke-XV
ekda Bolmong Tahlis Gallang saat menyampaikan arahan

BOLMORA.COM, ADVETORIAL – Ratusan warga Jawa Tondano (Jaton) meramaikan rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Jawa-Tondano (Fesbudton) ke- XV, yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (27/2/2020).

Kegiatan Fasbudton ini berpusat di Lapangan Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah. Di situ, warga Jaton mempertontonkan beberapa kesenian dan tarian, kemudian dilanjutkan dengan pawai karnaval.

Tak berhenti sampai di situ, warga Jaton yang terdiri dari 32 kontingen yang berasal dari daerah Palu, Gorontalo, Sulut dan Bolmong ini juga menyuguhkan berbagai pertunjukan, serta menyajikan berbagai macam makanan dan kuliner khas Jaton.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut Jendri Sualang, didampingi Sekda Bolmong Tahlis Gallang, saat melapas kontingan karnaval Seni Budaya Jaton

Kegiatan Fesbudton ke-XV ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, mewakili Bupati Bolmong, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut Jendri Sualang.

Dalam sambutannya, Sekda memuji terpeliharanya budaya yang dilakukan oleh masyarakat Jaton, dengan menggelar festival ini.

“Saya salut karena kebudayaan ini tetap terjaga dengan baik, terutama persatuannya. Diharapkan ini dapat terus dipertahankan, bahkan dikembangkan,” imbuhnya.

Parade Kontingan Karnaval Seni Budaya Jaton

Sekda juga mengungkapkan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, di Kabupaten Bolmong. Dikatakan, kegiatan ini patut diapresiasi oleh pemerintah daerah karena telah memilih Kabupaten Bolmong menjadi tuan rumah penyelenggaraan Fesbudton ke-XV.

“Atas nama pemerintah daerah, ibu bupati, menyampaikan terima kasih telah memilih Bolmong sebagai tuan rumah,” ucapnya.

Ke depan, Pemda Bolmong pasti akan memberikan suport terhadap penyelenggaraan kegiatan ini, dan akan dimasukan dalam agenda festival tahunan daerah.

“Selamat menyelenggarakan perlombaan. Jadikan ini sebagai ajang silaturahim sesama masyarakat Jaton di Sulut,” ujar Sekda.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang, bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut Jendri Sualang dana para pejabat di lingkup Pemkab Bolmong memukul gendang

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut Jendri Sualang, juga menyampaikan bahwa agenda-agenda seperti ini dapat dilakukan secara kontinu dan lebih berkualitas.

“Ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi demi kemajuan daerah ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kerukunan Jaton Indonesia (KKJI) Bolaang Mongondow Raya (BMR) Farid Asimin, menyampaikan rasa terima kasih terhadap Pemda Bolmong atas support dan dukungan penyelenggaraan kegiatan itu.  

Diketahui, kegiatan Fesbudton ini terus dilaksanakan, tidak hanya sampai siang hari, namun juga hingga malam hari, dengan berbagai kegiatan yang cukup menarik. Pelaksanaan kegiatan ini akan digelar selama tiga hari terhitung 27-29 Februari 2020.

(Advertorial/Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here