Bolsel

Di Hadapan Gubernur Sulut, Bupati Iskandar Kamaru Paparkan SDA dan Capaian Prestasi Pemkab Bolsel

BOLMORA.COM, BOLSEL –  Kunjungan kerja (Kunker) Gubernur Sulut Olly Dondokambey, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), pada Selasa (25/2/2020), menjadi momen penting bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolsel.

Di kesempatan ini, Bupati Iskandar Kamaru, melaporkan dan memaparkan sejumlah capaian prestasi yang diraih daerahnya selang 4 tahun kepemimpinan, semenjak masih menjabat wakil bupati bersama mantan Bupati Herson Mayulu, hingga sekarang sebagai bupati bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid.

Di hadapan gubernur dan rombongan, Iskandar memaparkan bahwa Kabupaten Bolsel menyimpan berbagai keanekaragaman sumber daya alam (SDA).

Mulai dari sektor kelautan, menurut Iskandar, Kabupaten Bolsel memiliki keanekaragaman sumber daya ikan, ekosistem manggove,  terumbu karang, padang lamun, maupun potensi wisata bahari, serta perikanan tangkap dan budidaya laut.

“Saat ini Kabupaten Bolsel memiliki tujuh kecamatan dan 81 desa, dengan jumlah penduduk sebanyak 71.533 jiwa. Dan dalam arahan RTRW Provinsi Sulut, Molibagu dipromosikan sebagai pusat kegiatan wilayah (PKW) Sulut. Sedangkan Pinolosian, menjadi pusat kegiatan lokal (PKL) Pemkab Bolsel. Sementara, Pelabuhan Alam Torosik menjadi titik simpul jaringan penyeberangan lintas provinsi. Sehingga, Molibagu dan Pelabuhan Alam Torosik sebaga kawasan strategi ekonomi, serta Didepo sebagai pelabuhan perikanan (PPI),” ungkapnya.

Adapun sumber daya alam yang dimiliki daerah terdepan paling selatan Provinsi Sulut ini antara lain, Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Ada juga hutan lindung dan hutan produksi.

“Di Bolsel juga terdapat sembilan sungai besar dan air terjun yan dapat dijadikan sumber tenaga listrik tenaga air, mikro hidro. Terdapat juga beberapa potensi sumber daya mineral. Di sektor sumber daya pertanian, Bolsel memiliki lahan basah  dengan komoditi gabah. Demikian pula dengan lahan kering  dengan komoditi tanaman kelapa, cengkih, kopi dan kakao,” papar Iskandar.

Sementara, dari segi raihan prestasi, Iskandar memaparkan bahwa meski baru berusia 11 tahun, namun Kabupaten Bolsel mampu tampil sebagai salah satu daerah desentralisasi yang merupakan perwujudan pemerintah pusat terhadap otonomi daerah. Perlahan namun pasti, Kabupaten Bolsel sudah menujukan geliat dan kemampuan berkipra hingga ke tingkat nasional.

“Salah satu indikatornya yaitu, dengan diterimanya penghargaan dari Kementerian Agama RI, terkait pendidikan agama dan keagamaan, atas upaya membina kerukunan di daerah, malalui pembangunan tiga tempat ibadah di kawasan perkantoran Pemkab Bolsel, yang dibangun sejak tahun 2017 silam. Saat ini juga, pemerintah daerah sedang membangun gedung Islamic Ceter, yang dilaksanakan secara bertahap,” urai Iskandar.

Selain itu, sejumlah prestasi dan pembangunan, baik yang telah dan akan dilaksanakan lainnya juga dilaporkan ke gurbenur.

Di kesmepatan itu pula, Iskandar menyampaiakan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih atas perhatian Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O. E. Kandouw, kepada Kabupaten Bolsel yang diwujudkan lewat program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan).

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey,  dalam kesempatan memberikan sambutan, mengapresiasi kinerja dan upaya Pemkab Bolsel yang telah menganggarkan dana untuk pembangunan rumah ibadah.

Menurutnya, upaya ini sebagai perwujudan kehadiran negara dalam penguatan iman warganya.

“Karena jika iman warga kuat, maka dia akan selalu menjaga kerukunan antar sesama. Dan inilah wujud dari Pancasila yang sebenarnya,” kata gubernur.

Gubenur pun menjanjikan bantuan anggaran untuk kelanjutan pembangunan gedung Islamic Center di Kabupaten Bolsel, pada tahun 2021 mendatang. 

Untuk diketahu, pada Selasa (25/2/2020), Gubernur Sulut Olly Dondokambey,  didampigi anggota DPRD Provinsi Sulut Rocky Wowor, Jems Tuuk dan jajaran pejabat Provinsi Sulut, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolsel

Pada momen ini, gubernur menyerahkan sejumlah bantuan, berupa alat-alat pertanian, sambungan listrik gratis, sertifikat tanah gratis dan masih banyak lagi bantuan lainnya.

Selain itu, gubernur juga menandatangani naskah perjanjian hibah daerah dan meresmikan tiga rumah ibadah yang ada di kawasan perkantoran Pemkab Bolsel, tepatnya di Panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki.

Adapun tiga rumah ibadah yang diremikan, yaitu Masjid Amirul Mukminin, Gereja Bukit Hermon dan Pure Amerta Segare.

Turut hadir kunjungan kerja gubernur tersebut, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, S.STP, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Bolsel, unsur Forkopimda, jajaran Asisten Sekda, Staf Khusus, para pejabat eselon, ASN dan masyarakat Kabupaten Bolsel.

Penulis/Editor: Gun Mondo

Gunady Mondo

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010 (Wartawan UKW UTAMA: 9971-PWI/WU/DP/XI/2021/21/10/79)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button