Kotamobagu

Peringati HPN, Kawan BMR Gelar Kerja Bakti dan Ziarah Makam Wartawan

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Aksi solidaritas ditunjukan para wartawan yang menamakan Wartawan Bolaang Mongondow Raya (Kawan BMR) dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-72, yang tepat pada Kamis (9/2/2017).

Di hari yang istimewa bagi para pewarta di tahun 2017 ini, benar-benar dimaknai dengan melakukan berbagai aktivitas bhakti sosial. Di antaranya, melakukan kerja bakti bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, yang dipusatkan di Taman Kota Kotamobagu, pada pagi hari. Usai kerja bakti, dilanjutkan dengan berziarah ke makam dua wartawan senior dan makam salah satu budayawan yang telah lebih dulu berpulang.

Dua wartawan itu adalah, almarhum Wahyudin Pakaya (Wartawan TVOne), yang dimakamkan di TPU Desa Doloduo, Kecamamatan Dumoga Timur, Fajrin Lamato (Wartawan dari Harian Radar Bolmong), dimakan di TPU Kelurahan Mogolaing, kecamatan Kotamobagu Barat, dan salah satu mantan budayawan almarhum Anuar Totabuan Syukur, yang dimakankan TPU Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Ketua Kawan BMR Niko Paat mengatakan, ziarah ini selain sebagai penghormatan kepada tiga almarhum, juga sekaligus mengingatkan kepada semua wartawan untuk terus bekerja, meneruskan semangat dari tiga almarhum pendahulu tersebut.

“Semoga semangat dari tiga almarhum ini dapat menjadi inspirasi bagi kita, untuk terus bekerja secara profesional,” ujarnya.

Usai melakukan ziarah di tiga makan, para wartawan mengunjungi rumah sakit. Kunjungan para wartawan cetak maupun online ini untuk  memberikan bantuan kepada salah satu wartawan yang terbaring sakit, yakni Jojo Gulama, salah satu wartawan Media Online yang sudah hampir enam bulan terbaring sakit. Bantuan yang diberikan merupakan hasil partisipasi dari para wartawan untuk meringkan beban yang dialaminya.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu yang diwakili Asisten II Gunawan Damopolii mengatakan, peran Pers sangat penting dalam pembangunan daerah. Menurutnya, Pers adalah salah satu pilar demokrasi yang sangat berperan dalam perjalanan sejarah perjuangan dan pembangunan bangsa.

“Atas nama Pemkot Kotamobagu, Ibu Wali Kota berharap agar media massa dapat berperan dalam mencerdaskan bangsa, bisa membawa persatuan dan bisa membawa kebaikan serta kemajuan bagi negeri kita tercinta,” ucap Gunawan.

Selain itu, kata Gunawan, media massa harus menyajikan informasi yang akurat bagi masyarakat.

“Terlebih saat ini marak dengan pemberitaan yang berbau provokasi. Olehnya itu, diharapkan media massa harus prosesional dalam setiap menyajikan berita, jangan ada kata-kata provokasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.(gun’s)

Gunady Mondo

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010 (Wartawan UKW UTAMA: 9971-PWI/WU/DP/XI/2021/21/10/79)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button