Besok, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil, Kojongian: Ini Bukti Kerja OD-SK

0
Besok, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil, Kojongian: Ini Bukti Kerja OD-SK
Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian
Advertisement

BOLMORA.COM, SULUT – Sesuai jadwal pada Kamis (19/1/2023) besok, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan datang berkunjung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kedatangan orang nomor satu di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Sulut untuk meresmikan sejumlah mega proyek. Di antaranya, Bendungan Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pujian pun terlontar dari Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian. Menurutnya, diresmikannya bendungan tersebut merupakan salah satu bukti kerja nyata Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD-SK).

“Ini bentuk kehebatan pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, yang telah berbuat banyak bagi kemajuan daerah,” kata Koordinator Komisi III ini, saat diwawancarai sejumlah awak media belum lama ini di ruang kerjanya.

Ditambahkan politisi dari Partai golkar ini, OD-SK adalah figur yang sedikit bicara dan lebih membuktikan diri pada hasil kerja.

“Bukan pada pencitraan,” ujar Kojongian.

Untuk diketahui, bendungan Kuwil mulai dibangun pada tahun 2016 dengan anggaran sebesar Rp1,9 Triliun, yang dibagi dalam tiga pengerjaan.

Untuk paket pertama, pembangunannya dikerjakan oleh PT Wijaya Karya-DMT (KSO), paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) Tbk, dan paket ketiga dikerjakan oleh PT Wijaya Karya-PT. Nindya Karya (KSO).

Bendungan Kuwil ini juga memiliki kapasitas tampung 23,4 juta m3 dan luas genangan 139 hektare. Bendungan ini sangat efektif untuk pengendalian banjir. Yang mana, aalam satu Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, ada dua tampungan air. Pertama adalah tampungan air alami Danau Tondano, dan kedua Bendungan Kuwil Kawangkoan.

(Jane)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here