Disdik Bolmong Gelar Kegiatan Pembuatan dan Penyusunan Naskah Soal Ujian SD dan SMP

0
474
Disdik Bolmong Gelar Kegiatan Pembuatan dan Penyusunan Naskah Soal Ujian SD dan SMP
Disdik Bolmong Gelar Kegiatan Pembuatan dan Penyusunan Naskah Soal Ujian SD dan SMP
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) gelar pembuatan dan penyusunan naskah soal Ujian Sekolah SD/MI dan SMP. Selasa (25/1/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 24 Januari kemarin, di Hotel Fun Rama Kotamobagu itu secara resmi ditutup Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan Dasar (Dikdas) Taufik Jojang, ST siang tadi.

Pada penutupan kegiatan tersebut, ditandai dengan penandatangan berita acara dan serah terima naskah soal yang dihasilkan oleh tim, kepada pihak Disdik Bolmong. Naskah soal ujian diterima langsung Kabid Dikdas, dalam kesempatan itu mewakili Kepala Dinas Renti Mokoginta, S.Pd MAP.

Selanjutnya, sambutan, Kabid Dikdas Taufik Jojang, ST mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih terhadap semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan dan penyusunan naskah soal.

Menurutnya, naskah soal yang dihasilkan tersebut akan sangat berguna dalam menunjang proses penilaian terhadap siswa di satuan pendidikan.

“Mudah-mudahan naskah soal yang dihasilkan ini, lebih baik dari kemarin. Ini merupakan bukti kerja keras MGMP dan KKG serta tim pembuat dan penyusunan soal,” kata Taufik.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan terimakasih dari kepala dinas kepada tim yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran dalam proses pembuatan dan penyusunan soal.

Menurut dia, masih menyampaikan pesan dari kepala dinas, proses yang dihasilkan tim sangat baik. “Bapak kepala dinas mengucapkan terimakasih kepada kita semua,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Kurikulum dan kesiswaan Subagio Manggopa, S.Pd dalam kesempatan itu menerangkan, penyeragaman soal US, kata Manggopa, agar sekolah tidak sesuka hati membuat soal ujian.

Bisa jadi soal ujian di sekolah A mudah dan soal ujian di sekolah B sulit. Ini dikhawatirkan. Sehingga, kita sepakati dengan pengurus MGMP dan KKG untuk pelaksanaan US dilakukan penyeragaman soal.

“Pertemuan dengan pengurus MGMP dan KKG, kita sepakati dilakukan penyeragaman soal”, kata Manggopa

Pengerjaan naskah soal menurutnya, soal ujian sesuai dengan kaidah penulisan soal yang baik dan benar dan tentunya mengacu pada kisi-kisi yang ditentukan. “Alhamdulillah, semua proses pengerjaan naskah soal dari hari pertama hingga terakhir, lancar,” ucapnya.

Dia juga sangat yakin, soal yang dihasilkan tim memiliki bobot baik. “Tim pembuat soal adalah orang-orang profesional. Tentu hebat-hebat soalnya,” tutup Manggopa. (Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here