Tim PSC Lintas Sektor Bolmut Segera Dibentuk

0
214
Tim PSC Lintas Sektor Bolmut Segera Dibentuk
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut dr Jusnan C Mokoginta
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT – Public Safety Center (PSC) merupakan amanah dari instruksi Presiden Nomor: 4 Tahun 2013, dimana seluruh kabupaten dan kota di Indonesia harus membentuk PSC. Yang mana, dalam pelaksanaaannya direncanakan secara bertahap. Layanan ini terus dikembangkan sampai semua daerah otonom (kabupaten/kota) memiliki PSC sebagaimana fungsi PSC sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan di suatu daerah.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, saat bersua dengan awak media Bolmora.com disela-sela apel perdana pasca cuti bersama hari raya natal 2020 dan cuti tahun baru 2021 yang dipusatkan di gedung auditorium, Senin (04/01/2021).

“PSC dengan call number 119 merupakan Layanan Pra Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan Gawat Darurat dengan Pelayanan Kesehatan Cepat, Tepat, Cermat dan Profesional (Respon Time) yang dilaksanakan secara bersama dengan lintas sektor terkait selama 24 jam.” Jelas Jusnan.

Public Safety Center ( PSC ) merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan, layanan ini untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

“PSC 119 dibentuk untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penangan segera,” ucap Jusnan.

Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi 119 yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, maka call center akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.

“PSC 119 ke depan akan jadi nomor layanan yang terintegrasi dengan layanan kepolisian, petugas pemadam kebakaran, trantip SATPOL PP, penanggulangan bencana alam dan kesehatan.” tandas Jusnan.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here