Disdag-ESDM Bolmong Temukan Puluhan Barang Kadaluarsa

0
63
Disdag-ESDM Bolmong Temukan Puluhan Barang Kadaluarsa
Sidak barang kadaluarsa oleh Disdag-ESDM

BOLMORA.COM, BOLMONG – Tim dari Dinas Perdangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disdag-ESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (16/1/2020), melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar dan pertokoan di Kecamatan Dumoga, Lolak dan Bolaang. Sidak tersebut dilakukan guna mencegah beredarnya bahan makanan dan kosmetik yang tidak memenuhi standar kesehatan khususnya yang sudah memasuki masa kadaluarsa, izin edar makanan dan kemasan yang rusak.

Sidak yang dipimpin Kepada Bidang (Kabid) Promosi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disdag-ESDM Bolmong Tresti Hapulu ini, menemukan 21 jenis barang kadaluarsa dan 2 jenis tidak layak jual, yang tersebar di 20 toko, kios warung di Kecamatan Bolaang.

Sedangkan di Kecamatan Lolak, tim menemukan sedikitnya 29 jenis barang kadaluarsa dan 10 tidak layak jual yang tersebr di 38 toko.

“Dalam sidak kali ini kami tidak meyita puluhan makanan dan kosmetik yang sudah kadaluarsa, namun kami menyarankan kepada penjual agar menukarnya lagi ke distributor,” jelas Tresti, Kamis (16/1/2020).

Ia mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengawasi peredaran makanan dan kosmetik yang tidak layak untuk dikonsumsi. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat Bolmong.

“Ini kegiatan rutin instansi kami, yang bertujuan mengawasi penjualan guna memberikan rasa nyaman dan aman bagi pembeli,” ungkapnya.

Dikatakan juga, penemuan ratusan makanan kemasan dan produk kosmetik yang sudah kedaluarsa dari sejumlah toko atau minimarket dan pedagang kaki lima di dua pasar ini, karena kurangnya pengawasan internal dari pemilik atau dagangan.

“Harusnya barang-barang yang sudah mendekati kedaluarsa ini ditarik. Dengan melihat masih ada barang yang dipajang, maka jelas pengawasan di setiap tokonya masih kurang,” kata Tresti.

Sementara, Plt Kepala Disdag-ESDM Bolmong Tonny Toligaga mengimbau agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan saat membeli produk, serta selalu memperhatikan masa kadaluarsa produk yang tercantum dalam kemasan.

“Kepada para pengusaha maupun penjual, juga diimbau memeriksa produk makanan dan minuman yang dijual serta menjaga kebersihan tempat usaha untuk menghindari kontaminasi produk dari serangga dan binatang pengerat,” imbau Tonny.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here